Rabu, 02 Juli 2014

Titik Bekam Jantung

Assalamu alaikum, Salam sejatera untuk Anda sekalian... 
Sahabat sekalian, pada kesempatan kali ini kami mencoba memberkan sedikit pengetahuan kami terkait dengan penanganan pasien yang memiliki masalah pada organ Jantung berdasarkan pengalaman kami melakukan terapi pasien .

Semoga tulisan kami ini bermanfaat bagi sahabat yang sedang belajar bekam juga informasi bagi pasien atau keluarga pasien bagaimana penanganan terapi yang seharusnya diberikan untuk pasien.


JANTUNG (Heart - HT)


Fungsi Jantung yang utama adalah mengatur peredaran darah, Jantung memelihara pembuluh darah,  memompa darah ke seluruh tubuh dan menampungnya kembali setelah dibersihkan organ paru-paru, Jantung menguasai pikiran serta Emosi, Merupakan organ terpenting manusia




Kondisi Jantung yang teramati pada wajah :
Energi vital sehat : Darah dalam tubuh cukup, sirkulasinya lancar, maka wajah akan berseri-seri dan kemerahan
Energi Vital lemah : Darah dalam tubuh kurang, sirkulasinya terhambat/ ada Penyumbatan, maka wajah akan pucat ke kuningan.

Kondisi Jantung yang teramati pada Lidah :

Jantung Panas : Lidah terlihat merah dan ujung lidah berduri, kadang pecah-pecah atau terlihat sariawan.
Jantung Dingin : Kondisi tubuh lemah, lidah terlihat pucat kegelapan
Jantung terserang penyakit : Lidah pucat dan tidak bisa berbicara /kelu

Kelainan Pada jantung 

Jantung Dingin : Jantung Berdebar-debar, banyak mimpi, mudah kaget, gampang terbangun saat tidur, pelupa, daya pikir menurun, dada dan punggung sering berkeringat.
Jantung Panas :Terasa Panas di dada, susah tidur, wajah dan mata kemerahan, pembuluh darah melebar, muntah darah, keluar darah pada panca indera, terlihat bintik-bintik merah pada kulit dan nadi cepat
Jantung Lemah : Gelisah, rasa khawatir berlebihan, otot-otot lemah, tidak nafsu makan, badan kurus, berdebar-debar, banyak mimpi, sesak nafas, mudah lelah.
Jantung Kuat : Gembira berlebihan, susah tidur

Kelainan pada jantung ini terkait dengan kelainan pada selaput jantung / perikardium (PC)

Ketika energi vital selaput jantung terganggu maka gejala yang terasa adalah : Telapak tangan terasa panas, siku hingga bahu kejang dan nyeri dada.


PRA TINDAKAN BEKAM

Meski penanganan pasien yang mengalami kelainan fungsi jantung berbeda baik secara klafisikasinya, jenis kelaian dan kondisi pasiennya, berikut kami berikan titik bekam Jantung secara global, yang Alhamdulillah terbukti efektif dalam penanganan pasien-pasien kami.

Berikut tindakan yang perlu dilakukan sebelum terapi bekam dilakukan :  

1. Cek intensif TD pasien dan kondisi fisiknya, jika memungkinkan, maka dilakukan terapi lanjutan dan jika kondisinya memang tidak memungkinkan (misal kondisi pasien terlalu lemah dan dehidrasi ) maka sebaiknya dirujuk ke Rumahsakit.
2. Pelajari dengan seksama riwayat penyakit pasien.
3. Diagnosa klasifikasi kelainan jantung pasien
4. Lakukan terapi pendahuluan, (misalnya) seperti pijat, akupresur, atau totok syaraf kemudian bekam pada titik sunnah.
5. Lakukan bekam pada titik utama Jantung ( Perhatikan dengan seksama kondisi pasien saat terapi berlangsung)
6.  Terapi diakhiri dengan terapi relaksasi
7. Istirahatkan dahulu pasien sebelum di izinkan pulang. (boleh diberikan teh herbal atau sari kurma untuk memulihkan kondisi tubuh pasien pasca terapi )

TITIK BEKAM JANTUNG

Tindakan terapi bekam dan penentuan titik bekam kadang tergantung kondisi pasien pastinya senmua dilakukan dengan sistematis dan teliti.

Titik bekam Jantung pada tubuh, meliputi  : Al Kahil, Al Akhdain, Al Katifain, 4 titik dibawah al kahil dan bagian depan tubuh

Titik Bekam Jantung
Titik Bekam Jantung

Titik bekam Jantung Pada Kepala, meliputi : Ummu Muhgit, Qumahduah dan unuk

Titik bekam Jantung pada tangan meliputi : Rusygh  
Titik Bekam Jantung
Tindakan terapi bekam dalam penangan kelainan fungsi jantung ini dapat dilakukan 1 minggu sekali ( Tahap Pengobatan ) tentunya pada titik Bekam yang aman yang telah ditentukan atau 2 minggu sekali ( Tahap pemulihan) dan 1 bulan sekali (Tahap preventif ).

Kami harapkan bagi terapis yang memang baru belajar atau dalam tahap lanjut, saat melakukan tindakan terapi didampingi, atau di ppandu oleh terapis ahli atau berpengalaman, hal ini mesti dilakukan akan menghindari dari kejadian yang sama-sama tidak kita harapkan.

Salam...


ALAMAT PRAKTEK :
Cikarang - Bekasi
Jl Jagawana Raya Rt 005/03 No 177 ( 20m SDN 01 Sukarukun - Sukatani - Pilar )

Info dan konsultasi : 0812 81073590 (Danu) - 0812 81801651 (ummi Barraq)
Melayani Terapi panggilan.
Tersedia Terapis  Pria/Wanita (Ikhwan/Akhwat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar