Minggu, 22 November 2020

Akupunktur Rehabilitasi Pasien Stroke

 Seberapa efektifkah Terapi Akupunktur untuk Rehabilitasi Stroke ?

==============================================

Akupunktur adalah salahsatu metode terapi yang berasal dari Cina. Akupunktur masih menjadi terapi komplementer pada penderita stroke. 


Bagaimana mekanisme kerja akupunktur ?

Akupunktur menggunakan media/alat berupa jarum dengan beberapa ukuran, dengan saruan cun; 1 cun = 3.715 cm,  Penusukan pada titik akupunktur dapat membuka aliran energi (Qi) yang melalui meridian tubuh yang tersumbat sehingga dapat memulihkan keseimbangan aliran (Qi) dan memperbaiki jaras saraf yang rusak, membentuk jaras saraf baru, dan mengoptimalkan jalur yang telah rusak. Prinsip dari terapi akupunktur adalah self healing power, terdapat stimulasi pada

tubuh sehingga yang berperan dalam mengatasi penyakitnya adalah tubuh pasien sendiri. Pada beberapa studi didapatkan hasil pemulihan yang lebih baik pada penderita stroke yang mendapatkan terapi akupunktur dibandingkan pasien yang hanya menerima terapi konvensional. Didapatkan penyembuhan signifikan dari defisit neurologis, fungsi ekstremitas bawah, fungsi motorik dan perbaikan kognitif pada grup pasien yang menerima akupunktur daripada pengobatan konvensional saja.


~*Akupuntur Bekam Fasdhu, Ruqyah, Totok Syaraf dan Herba*
Stroke Center Holistik Cikarang
Jl. Simpang Tiga Buniayu, RT.01/RW.02, Sukarukun, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Tidak ada komentar:

Posting Komentar